Senin, 17 Januari 2011

Resume

A.Sasaran pasar ( target market )

Mendapatkan target pasar yang menarik merupakan bagian yang utama bagi bisnisman. Sasaran pasar yang yang cukup menarik akan merupakan kesempatan pasar / market opportunity. Kesempatan dari perusahaan merupakan sasaran yang dapat dijangkau oleh faktor-faktor / sarana yang dimiliki oleh perusahaan. Faktor- faktor tersebut adalah faktor penentu pembelian , adapun faktor-faktor tersebut dapat digolongkan menjadi :

1. Faktor pribadi ( intern )
2. Faktor kelompok
3. Faktor lingkungan sosial
4. Faktor budaya

Alasan seseorang membeli barang tertentu karena pengaruh faktor intern ( pribadi ) serta ekster ( lingkungan ). Dengan mengenal faktor-faktor penentu bembelian tersebut maka kita dapat mengetehui bahwa pasar yang kita hadapi itu berbeda-beda ( heterogan ).

Pengusaha dapat melakukan differentiated marketing yaitu dangan cara pengusaha memberikan perlakuan , penyajian , penyampaian dan pelayanan ( marketing mix ) yang berbede-beda terhadap segmen pasar yang berbeda. Cara ini yang dapat menjamin perusahaan dapat memperoleh posisi persaingan yang lebih baik ( competitive advantege ).

B.Pembeda pasar

Kedua akan dibahas tentang pembeda pasar , pengusaha yang tidak atau belum membedakan pasar itu pada umumnya disebabkan karena 2 hal yaitu :

1. Dasar orientasinya masih pada orientasi produksi. Dengan mengenal adanya kesempatan pasar tersebut maka kita akan memperoleh 2 keuntungan yaitu :
a. Mengetahui adanya kesempatan pasar yang terbuka yaitu jenis kebutuhan lain yang belum terpenuhi yang dimiliki oleh segmen pasar tertentu.
b. Mengarahkan kegiatan pada segmen pasar tertentu yang lebih dapat dikuasai oleh kekuatab dan kelemahan perusahaan.

2. Pengusaha sebenarnya tahu akan adanya perbedaan pasar karena keterbatasan sarana mereka belum / tidak melakukan pelayanan yang berbeda.

Agar dapat lebih berkembang pengusaha harus melihat pasar , tidak hanya melihat produknya saja ( pasar produk ) tapi juga melihat kebutuhan pangkalnya( pasar kebutuhan pangkal , generic need , generic market ).

Adapun pengertian dari pasar produk adalah pasar yang bertumpu pada suatu produk saja. Contohnya :

- Mainan anak-anak
- Alat tulis
- Pakaian
- Batik
- Kerajinan
- Bahan bangunan
- Percetakan dll

Cara lain dalam rangka mencari kesempatan pasar / potensi pasar yaitu :

a. Kombinasi pasar-produk
b. Generic produk- generic market / need
c. Kebocoran pasar
d. Segmentasi pasar

C.Strategi pemasaran

Ada 3 jenis strategi dalam pemasaran yaitu :

1. Strategi satu sasaran ( single target )
Dalam hal ini pengusaha memilih satu segmen yang paling potensial , yang kemudian dijadikan target atau sasaran. Contohnya : indomart , toko batik.

2. Strategi sasaran ganda ( multy targets )
Disini pengusaha punya dua segmen bahkan lebih untuk pelayanan yang berbeda / juga disebut diferentiated marketing. Contohnya : perusahaan air dan kue , pewangi dan sabun cuci.

3. Strategi kombinasi sasaran ( combine targets )
Pengusaha yang melakukan strategi ini harus berhati-hati kerena semakin luas kombinasi akan semakin tidak homogen pasar yang dihadapi sehingga strategi yang dilaksanakan kurang efektif. Contohnya : unilever , indofood , wings.

Masing-masing strategi memiliki kelemahan dan kelebihan sendiri-sendiri adapun untuk mangantisipasi kekurangan dan kelebihan tersebut tergantung 2 hal yaitu :

a. Jngkauan sarana produksi yang dimiliki perusahaan
Semakin besar jangkauan sarana yang dimilikinya akan semakin mampu perusahaan untuk melakukan segmentasi pasar ( differentiated marketing ).

b. Tingkat kesamaan dari masing-masing segmen pasar
Semakin besar tingkat kesamaan yang terkandung pada masing-masing segmen akan menjamin keberhasilan dari segmentasi pasar (differentiated marketing ).



D.Dasar segmentasi pasar

Adapun dimensi yang dapat dipakai sebagai dasar segmentasi pasar adala sebagai berikut :

1. Geografis
a. Daerah : yogya , solo , semarang , dll.
b. Daerah administrasi : kota , desa , pinggiran kota , dll.

2. Demografis
a. Umur
b. Jenis kelamin
c. Jumlah anggota keluarga
d. Siklus kehidupan keluarga
e. Penghasilan
f. Pekerjaan
g. Pendidikan
h. Agama
i. Keturunan

3. Gaya hidup ( life style )
a. Modern
b. Tradisional
c. Kuno
d. Profesional

4. Status sosial
a. Pemimpin masyarakat
b. Pendidik
c. Golongan sosial menengah , tinggi , rendah dll.

5. Manfaat yang didambakan ( benefit sought )
a. Pelenyap sakit kepala
b. Pemutih gigi
c. Pelindung gusi
d. Pelemas rambut
e. Pewangi ruangan dll.

6. Pola konsumsi
a. Pecandu / penggemar
b. Pemborong





E.Kewirausahaan atau enterprenuership

Wirausahawan atau entreprenuer adalah suatu sikap mental yang berani menanggung resiko , berpikiran maju berani berdiri diatas kaki sendiri. Beberapa ciri enterprenuership atau jiwa kewirausahaan dikemukakan oleh J.A.Schumpeter ( 1970 ) dalam bukunya yang berjudul “ The Enterprenuer as Innovator ” mengemukakan beberapa ciri antara lain adalah sebagai berikut :

- Berambisi tinggi
- Energetic
- Bernafsu
- Percaya diri
- Kreatif dan inovatif
- Pandai bergaul
- Bersifat flexible
- Hard working
- Berpandangan ke depan
- Banyak inisiatif dan bertanggung jawab
- Bersikap optimis
- Selalu berorientasi laba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar