Adapun cara mengidentifikasikan potensi bisnis dan kewirausahaan adalah dengan melakukan analisa terhadap potensi bisnis yang disebut analisa pasar.
Dalam prosesnya analisa pasar terdapat unsur pengusaha ( produsen) dan masyarakat ( konsumen ) yang masing- masing saling berhubungan dan terjadi siklus.
Pengusaha → analisa pasar ← masyarakat
Setelah kita membahas tentang analisa pasar, kita juga harus tau tentang definisi dari pasar itu sendiri. Dulu definisi dari pasar adalah proses interaksi antara penjual dan pembeli ataupun produsen dan konsumen.
Sedangkan pengertian dari interaksi adalah proses terjadi permintaan dan penawaran sehingga terjadi harga pasar atau kesepakatan.
Pemasaran adalah suatu sistem dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan , menentukan harga , mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan , baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Pengertian pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas , mempunyai uang untuk belanja dan mempunyai kemauan untuk membelanjakanya.
Dari pengertian tersebut ada 3 faktor yang menunjang, yaitu :
Orang dengan segala keinginanya
Daya beli mereka
Kemauan untuk membelanjakan uangnya
Pengertian pasar dilihat dari segi bisnis ada 2, yaitu :
Sekumpulan orang / organisasi yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berbeda-beda.
Orang-orang tersebut mempunyai kemampuan untuk berpartisipasi dalam melakukan transaksi jual beli baik sebagai penjual maupun pembeli.
Tujuan daripada identifikasi pasar adalah :
Menentukan pasar apa yang sedang / akan dilayaninya.
Menentukan dimana lokasi tempat tinggal dari orang / organisasi yang membutuhkan produk yang dipasarkan .
Seberapa kas jumlah potensi pasar serta estimasi pasar yang dilayaninya.
Menentukan sifat-sifat dan karakteristik dari pasar
Pengelompokan sifat-sifat pasar dibedakan menjadi 2 yaitu :
oPasar yang heterogan ( segmentasi pasar ) yaitu pasar yang tedapat bermacam- macam penjual, dalam satu pasar tidak hanya menjual satu produk tapi banyak dan bermacam-macam produk.
oPasar yang homogen ( sel pasar ) yaitu bagian dari pasar heterogan , pasar yang hanya menjual satu jenis produk saja.
Apabila ingin mendapat hasil pemasaran yang memuaskan kita harus mengetahui potensi dari pasar yaitu fungsi dari struktur :
•Penduduk ( population patern)
Apakah dalam daerah tempat pasar tersebut srategis dan banyak hunian penduduknya.
•Kemampuan membeli ( purchasing power)
Apakah orang- orang yang ada disekitar pasar tersebut mempunyai daya beli yang potensial.
•Pola konsumen ( consumtion patern)
Bagaimana kita harus bisa menyikapi perbedaan pola konsumen yang satu dengan yang lain harus sudah terencana.
Jadi potensi pasar jika digambarkan mempunyai hubungan melinkar yaitu potensi pasar yang dikelilingi oleh daya beli , pola konsumen dan struktur penduduk.
Potensi penjualan dapat dirumuskan :
P = m – s
Adapun potensi penjual yang harus diterapakan adalah :
Penjual harus bisa membuat pembeli percaya
Penjual harus cepat mengobati kekecewaan pembeli
Penjual harus mengantisipasi agar pembeli yang kecewa tidak memberitahukan ke penjual yang lain
Penjual harus mencari pelanggan yang sebanyak-banyakya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar