Sabtu, 29 Januari 2011

Pengertian Bisnis Online

bisnis online hahahahaha, maksud hati ingin berkata begitu karena terlalu mudah untuk dipahami. Menurut saya, salah satu pengertian bisnis online adalah bisnis yang dijalankan melalui jaringan internet dengan membuat website berdasarkan profil perusahaan kita. Lebih umumnya adalah semua bisnis yang dihubungkan dengan jaringan internet dan hanya bisa dilakukan dengan adanya koneksi internet. Wah moga-moga itu bisa menjawab, saya juga bukan ahli definisi sih.

Mungkin kalau dengan contoh bisa langsung mengerti. Misalkan kita mempunyai suatu produk, biasanya kita hanya menjual produk tersebut secara nyata, atau hanya ditawarkan di dunia nyata. Nah kalau kita berbisnis online ya berarti kita memasarkan produk kita di dunia maya.

Banyak orang berusaha memasarkan produknya melalui situs jejaring social seperti twitter, facebook, friendster. Saya katakana hal ini tidak akan efektif jika tidak mengetahui rahasia di balik cara menawarkan produk atau jasa di situs jejaring. Kemungkinan besar anda pernah menerima tawaran yang masuk ke inbox facebook anda atau tiba-tiba di tag oleh seseorang dan ditawari produk. Secara etika di dunia internet marketing ini disebut spam. Karena hal ini tidak sepenuhnya disetujui oleh yang punya akun facebook. Kalau anda melakukan ini di luar negeri anda bisa dilaporkan sebagai spammer dan dihukum.

Bisnis online dengan segala pengertiannya mempunyai berbagai batasan-batasan yang tidak jauh beda dari bisnis offline. Kalau anda belajar internet marketing sebagai affiliate marketer anda akan mendapati begitu banyak hal dasar yang harus diketahui terlebih dahulu sebelum terjun ke medan untuk mempromosikan suatu produk. Kalau mereka para spammer yang tidak tahu kalau diri mereka adalah spammer sudah sepatutnya belajar etika bisnis online.

Apabila anda belajar internet marketing secara benar maka anda akan mendapati berbagai cara yang sangat efektif, menghasilkan, tetapi tidak dianggap sebagai spammer. Salah satunya adalah dengan mengoptimasi kata kunci tertentu sehingga website kita akan muncul di search engine ketika kata tersebut diketikkan di kolom search. Ini disebut search engine optimization atau disingkat SEO. Selain cara ini adalah cara gratisan, cara ini juga adalah salah satu cara terbaik dalam mempromosikan bisnis secara online. Wow apalagi yang kurang yah, udah gratis efektif lagi. Tapi ilmu ini bukan ilmu gampangan, tapi juga bukan ilmu yang rumit. Kalau mau mengerti ilmu ini harus belajar ke orang yang tepat. Karena di dunia internet banyak sekali orang yang menawarkan jasa SEO dengan harga yang tidak masuk akal, begitu juga biaya untuk mempelajari SEO, yang ditawarkan dengan sangat mahal. Nah apabila anda ingin belajar SEO dengan murah, tapi efektif saya sarankan anda belajar ke AsianBrain. Untuk selengkapnya mungkin anda bisa melihat artikel saya yang berjudul contoh bisnis online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar