Senin, 17 Januari 2011

Resume pengantar bisnis

Definisi dari perusahaan
Perusahaan adalah suatu unit kegiatan produksi yang mengelola sumber – sumber ekonomi untuk menyediakan barang dan jasabagi masyarakat dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan dan agar dapat memuaskan kebutuhan masyarakat.

Bisnis → pelaku bisnis
•Manusia ( pemilik) = orang yang mempunyai modal
•Manajer = bertanggung jawab terhadap pekerja,perusahaan
•Pekerja = berketrampilan memproduksi barang / jasa
•Konsumen = orang yang membeli produk / jasa

Sumber-sumber ekonomi :
•Men ( manusia ) → tidak hanya sebagai tenaga kerja namun sebagai konsumen, walaupun ada mesin faktor manusia tetap berperan.
•Money ( uang ) → sebagai modal usaha ( uang / barang yang dibeli untuk membuat produk ). Barang modal ( mesin , peralatan pabrik , alat transportasi ).
•Materials ( material) → faktor pendukung utama dalam faktor produksi ( bahan baku , bahan pembantu , tanah ).
•Methods ( metode ) → suatu pelaksanaan kerja produktif ( pengambilan keputusan , pemberian ide , pemikiran ).
•Mesin → alat pembantu memproduksi barang.

Hubungan faktor produksi :
SDA

Modal

Kewirausahawan

Tenaga kerja
Fungsi kewirausahawan :
•Mengidentifikasi kesempatan
•Mengumpulkan SDA
•Menarik investasi
•Melakukan produksi dan perdagangan
•Menanggung resiko

Ciri pribadi wirausahawan :
•Emosi yang stabil , percaya diri
•Berani menanggung resiko , meningkatkan pengetahuan
•Gigih dan bekerja keras , kecakapan memimpin
•Bersemangat dan gesit , inovator
•Obyektif , pemburu keberhasilan

Perbedaan usaha kecil dan besar :
•Perusahaan kecil : dipimpin sendiri , struktur organisasi sederhana , kegagalan cukup tinggi , sulit berkembang.
•Perusahaan besar : dipimpin manajer , struktur organisasi kompleks , kegagalan rendah , cepat berkembang.

Lingkungan umum perusahaan :
•politik , hukum , sosial , perekonomian , kebudayaaan , pendidikan , teknlogi , demografi.

Lingkungan khusus perusahaan :
•penyedia , pelanggan , pesaing , tekhnologi , sosial politik.

Pertanggungjawaban sosial perusahaan :
Pelanggan

TK ← Aktivitas perusahaan → lingkungan

Investor

Hak konsumen yang perlu dilindungi :
•keselamatan
•memperoleh informasi
•memilih
•didengar


Etika bisnis

Etika → ethos ( akhlak , watak , perasaan , sikap , cara berfikir)

Etika → filsafat ( nilai – nilai , kesusilaan , sopan santun )

Definisi etika :
1.tuntunan mengenai perilaku , sikap , dan tindakan sehubungan dengan kegiatan manusia.
2.merupakan dasar – dasar moral , ilmu tentang kebaikan.

Etika bisnis :
1.niat baik
2.cara bagaimana mendapat keuntungan dengan baik
3.penilaian terhadap kegiatan dan perilaku bisnis yang mengacu pada kebenaran / kejujuran

faktor yang mempengaruhi perilaku bisnis
1.lingkungan bisnis ( mengejar kuota penjualan , menekan ongkos-ongkos )
2.individu ( memiliki filosofi moral , berperilaku etis )
3.organisasi ( proses interaktif)

Hubungan induksi pancasila
Sesuatu yang diberikan oleh orang lain merupakan cerminan dari diri kita sendiri

Dalam bisnis pemerintah melindungi konsumen menurut etika bisnis dengan membentuk perlindungan konsumen

Banyak perusahaan yang kurang memperhatikan tentang etika bisnis karena hanya mementingkan untuk mendapatkan keuntungan saja dan tidak mau rugi.

Etika bisnis tidak perlu peran pemerintah namun dimulai dari diri sendiri

Banyak contoh dampak dari perusahaan yang kurang memperhatikan etika bisnis
1.asap pabrik : akan mempercepat pelubangan lapisan ozon , pencemaran udara
2.pabrik yang membuat kendaraan ( asap ) : membuat sesak nafas , pencemaran udara

Karena peran pemerintah yang kurang maka kita perlu memulai dari diri sendiri dengan :
1.seseorang yang mendirikan pabrik hendaknya berfikir damapak yang akan dihadapi dan memikirkan juga bagaimana cara penanggulanganya
2.maka itu kita dikenalkan dengan AMDAL dadi itu kita dapat mempelajari dan harus mau menganalisis damdak dari perusahaan yang didirikan

Problema yang dihadapi perusahaan :
1.kebersihan kota
2.kesehatan lingkungan
3.ketertiban masyarakat
4.pelestarian lingkungan

Dorongan untuk menimbulkan tanggungjawab sosial :
1.penerapan manajemen perusahaan
2.ekologi dan gerakan pelestarian lingkungan
3.penghematan eneri
4.partisipasi pembangunan naisonal
5.gerakan konsumenisme

Tidak ada komentar:

Posting Komentar